Golkar-Demokrat tak berkoalisi

Golkar-Demokrat tak berkoalisi . Partai Golkar memutuskan untuk tidak berkoalisi dengan Partai Demokrat dalam pemilihan presiden mendatang.

Usai rapat DPP Partai Golkar Sekjen, Partai Golkar Soemarsono menjelaskan, kedua tim bertemu sampai Selasa malam namun tidak mencapai kesepakatan.

“Setelah melakukan komunikasi yang intensif dengan Partai Demokrat, ternyata kita tidak menemukan titik temu. Partai Golkar dan Partai Demokrat tidak mencapai mufakat,” ujar Sekjen Partai Golkar Soemarsono hari Rabu.


Soemarsono menambahkan rapat DPP Partai Golkar merekomendasikan kepada Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla untuk membuka komunikasi politik dengan parpol lain terkait koalisi dalam pemilihan presiden. Termasuk didalamnya komunikasi dengan Partai Demokrat.

Salah-satu alasan yang membuat koalisi itu tidak berlanjut, adalah perbedaan soal jumlah nama calon wakil presiden.

Partai Demokrat menghendaki agar Golkar menyodorkan cawapres lebih dari satu orang, sementara Golkar menuntut satu orang, yaitu Yusuf Kalla.

Ketua DPP Partai Golkar, Syamsul Muarif, menjelaskan kenapa pihaknya bersikukuh hanya mau menyodorkan satu nama karena sudah menjadi keputusan Rapim Golkar tahun lalu.

Bubarnya koalisi Partai Golkar-Demokrat ini dianggap merugikan kedua partai tersebut dalam pemilu presiden mendatang.

Pengamat Politik dari Fisip Universitas Indonesia, Maswadi Rauf, mengatakan, dukungan mayoritas simpatisan dua partai bagi calon presiden dan wakilnya, otomatis akan berkurang.

Penghitungan cepat menunjukkan Partai Demokrat mendapatkan sekitar 20% suara sedangkan Partai Golkar meraih suara sekitar 14%.

Sedangkan menurut penghitungan Komisi Pemilihan Umum, dari suara yang sudah masuk Partai Demokrat mengumpulkan sekitar 20,6% dan Golkar hampir 14,6%.

Sumber : http://www.bbc.co.uk/indonesian/news/story/2009/04/090422_golkar.shtml

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: